Sabtu, 17 Agustus 2013

Perilaku Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Guys,tau kan,, Jantung merupakan salah satu organ vital yang penting dalam tubuh manusia. Tugas dari jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Peranan jantung sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, sehingga perlu dijaga agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Angka kematian akibat penyakit jantung akan semakin tinggi jika gaya hidup masyarakat buruk. Saat ini penyakit serangan jantung sudah menjadi salah satu penyebab kematian yang tinggi di Indonesia. So, Penting untuk menjaga kesehatan jantung semenjak diniakan tetpi saat ini masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu diperlukan langkah preventif dengan cara mengajak masyarakat untuk lebih menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit akibat kegagalan atau kelainan fungsi jantung. Nah, berikut ini ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Check it out ^^ 

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang harus dilakukan bagi setiap orang, karena jantung memiliki tugas pokok untuk menjaga kelangsungan hidup, dan jantung bekerja terus-menerus. Langkah untuk menjaga kesehatan jantung ada berbagai cara, yang terpenting yaitu dari kesadaran diri sendiri selain itu juga diikuti dengan mengikuti anjuran pakar kesehatan yang lebih mengetahui cara menjaga kesehatan jantung. 

Langkah pertama menjaga kesehatan jantung adalah dengan mencari tahu angka tekanan darah, apakah normal atau tidak. Langkah ini dapat dilakukan dengan pemeriksaan tekanan darah di instansi kesehatan, yaitu dengan kontrol kesehatan, selain itu pengukuran kadar kolesterol, kadar gula darah juga penting untuk mengetahui ada tidaknya kelainan fungsi pada jantung. Rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah, kolesterol dan kadar gula darah merupakan salah satu langkah preventif untuk menghindari penyakit kelainan jantung.

 Langkah kedua untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan membiasakan diri hidup sehat, juga pola hidup sehat dengan mengambil nafas dalam dan rutin melakukan olahraga ringan. Pernafasan dalam dan perlahan akan mengurangi beban kerja jantung, membuat jantung lebih kuat dan bekerja lebih efisien, mendapat cukup oksigen, mencegah hipertensi dan membuat jantung lebih sehat. Olahraga juga penting untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga tidak harus dilakukan dengan ragam yang berat untuk menjaga kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan berjalan kaki selama 20-30 menit dan dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Berjalan kaki dapat dilakukan kapan saja, dan tidak membutuhkan biaya, tetapi manfaatnya sangat baik untuk kesehatan jantung, karena dari hasil penelitian berjalan kaki mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung sampai 50 persen. Selain itu olahraga lain yang tidak membutuhkan biaya lainnya adalah melakukan jogging. Jogging secara teratur dapat menjaga kebugaran tubuh. Saat melakukan jogging, organ jantung akan berdetak lebih cepat memompakan darah dan melatih otot jantung menjadi kuat, sehingga peredaran darah lancar. Berjogging 3-5 kali dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh. Selain berjalan kaki dan jogging, melakukan aktivitas bersepeda dan renang juga baik untuk kesehatan jantung. Olahraga tidak berarti jika pola hidup tidak sehat yaitu jika merokok. Hindari rokok, karena kebiasan merokok mengakibatkan gangguan pada jantung. Rokok dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan paru-paru, akibat kandungan rokok yang berbehaya Mengurangi rokok tidak berpengaruh pada kesehatan jantung. Agar jantung berfungsi dengan baik, maka para perokok dianjurkan untuk berhenti merokok, karena mengurangi konsumsi rokok masih dapat beresiko terkena penyakit jantung dan serangan jantung. Langkah untuk dapat berhenti merokok dengan mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi, lalu perlahan-lahan dengan menghentikan kebiasaan merokok. Berhenti merokok juga sebaiknya harus dari dalam diri sendiri. Sehingga tidak ada keinginan untuk menghisap rokok di kemudian hari setelah berhenti merokok. 

Langkah ketiga menjaga kesehatan jantung adalah dengan tersenyum dan tertawa lepas. Senyum dan tawa akan memperlancar sirkulasi darah, mengurangi beban pembuluh darah dan mengurangi penyakit jantung. Tertawa merupakan obat paling ampuh untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian membutikan bahwa jika seseorang tertawa selama 15 menit, artinya sama dengan melakukan senam aerobik selama 30 menit dan manfaatnya sama yaitu untuk menjaga sistem kardiovaskuler. Selain itu manfaat tertawa yaitu untuk menyehatkan fungsi pembuluh darah, meningkatkan hormon pada otak yang mempengaruhi naiknya “mood”, mengurangi rasa sakit, cemas, dan mampu menjaga kesehatan jantung. 

 Langkah keempat menjaga kesehatan jantung adalah dengan tidur malam yang nyenyak. Tidur malam yang nyenyak dapat menjaga kesehatan jantung karena tidur adalah salah satu aktivitas paling penting dari semua rutinitas sehari-hari. Jika kurang tidur, tekanan darah akan meningkat, meningkatkan nafsu makan, memicu stres, dan memperlambat metabolisme tubuh. Seseorang yang tidur hanya enam jam atau kurang dari enam jam dalam sehari akan beresiko memiliki banyak protein C - reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung. 

Langkah kelima adalah dengan fokus untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, seseorang yang sehat tdak diukur dari berat badan yang ideal, tetapi dapat diukur dari pinggangnya. Jadi sebaiknya fokus pada pinggang bukan pada berat badan, karena lingkar pinggang adalah patokan untuk mengetahui kesehatan, adanya lemak pada pinggang mempengaruhi banyak hal, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan resiko diabetes yang tinggi. Oleh karena itu, makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan jantung dan pembuluh darah. Cara lain menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah selain dengan aktivitas tubuh dapat juga dari dalam tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi zat yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta pola makan sehat, yaitu dengan memilih makanan sehat, asupan makanan harus bergizi seimbang dan cukup nutrisi. Membatasi konsumsi karbohidrat dan protein serta dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah dapat menghindari resiko penyakit jantung. Menghindari makanan siap saji, karena makanan cepat saji mengandung banyak lemah jenuh, garam, gula, bahan pengawet, dan penguat rasa.Hampir semua makanan cepat saji tidak hanya merusak kesehatan jantung, melainkan juga bisa menimbulkan penyakit kronis dan obesitas. Langkah selanjutnya yaitu kurangi konsumsi garam. Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat mengakibatkan hipertensi yang dapat mengganggu kerja jantung. Dengan mengurangi konsumsi garam, jantung akan tetap sehat. 

 Pola makan sehat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi zat-zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Diantara zat-zat yang bermanfaat tersebut terkandung dalam berbagai makanan dan minuman yang mudah dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa jenis makan dan minuman yang disarankan, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung: 
A. Kacang-Kacangan Mengkonsumsi kacang-kacangan alami dan menyehatkan, seperti almond,walnut,dan kacang-kacangan lainnya telah terbukti menurunkan kolestrol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah. Tetapi kacang-kacangan mengandung kalori yang cukup tinggi, sehingga jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Konsumsi secukupnya,sehingga dapat melindungi jantung dengan lemak yang sehat.

 B. Sayuran Berbagai macam sayuran baik untuk kesehatan jantung misalnya bayam baik untuk kesehatan pembuluh darah arteri, brokoli yang berfungsi sebagai zat pelindung jantung, tomat yang berfungsi menjaga kerusakan pembuluh arteri.

 C. Buah Banyak mengkonsumsi buah akan membuat jantung sehat dan segar. Misalnya dengan mengkonsumsi buah pisang akan membantu menurunkan darah tinggi dan menjaga otot jantung, atau buah jeruk, melon dan pepaya yang mengandung vitamin C yang baik untuk jantung. 

D. Kopi Kopi memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi daripada coklat atau teh. Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat menghambat peradangan dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Sebuah studi jangka panjang dan berskala besar, yang melibatkan lebih dari 83.000 perempuan menunjukkan bahwa minum 2 cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi resiko terkena stroke 20 persen lebih rendah daripada sedikit minum kopi atau tidak sama sekali. Tetapi terdapat batas dalam jumlah konsumsi kopi. Disarankan paling tidak minum cukup 1 gelas kopi per hari. 

 E. Jus Delima Pakar dari University of California menemukan bahwa, jumlah antioksidan jus delima atau pome tiga kali lipat lebih tinggi daripada anggur merah dan teh hijau. Bahkan penelitian awal menunjukkan, konsumsi rutin jus buah delima dapat menurunkan kolesterol, mengurangi plak arteri (faktor risiko untuk penyakit jantung), dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Tetapi sebaiknya hindari tambahan pemanis saat membuat jus delima. 

F. Teh Hitam Teh hitam dihasilkan melalui proses fermentasi setelah daun dipanen lalu dikeringkan. Pengolahan ini mengubah komposisi kimia dari daun, sehingga menghasilkan beberapa antioksidan kuat yang membantu mendukung kesehatan jantung. Teh hitam telah terbukti mengurangi risiko stroke, mengurangi LDL (kolesterol jahat), memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan meningkatkan aliran darah dalam arteri koroner. Lamanya waktu mencelupkan teh, berdampak pada kandungan fitokimia. Semakin lama mencelupkan teh, maka semakin besar manfaat fitokimia yang diperoleh. Oleh karena itu, menyajikan teh dengan air panas akan jauh lebih baik sekaligus menjaga kandungan antioksidan tetap terjaga. Minum beberapa cangkir teh hitam setiap hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

G. Teh Hijau Seperti teh hitam, teh hijau mengandung banyak antioksidan yang baik untuk jantung. Perbedaan utamanya adalah bahwa teh hijau tidak difermentasi. Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa minum teh hijau dalam jumlah yang banyak dapat mencegah resiko penyakit arteri koroner. Teh hijau mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung dengan cara mencegah kerusakan pembuluh darah. Minum dua cangkir teh tanpa gula sehari telah terbukti memiliki manfaat melindungi kesehatan jantung. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi teh hijau dapat menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah dan stroke. Disarankan Minum 1-3 cangkir teh hijau sehari. dengan meminum Teh Hijau Tanpa Gula. Selain itu teh hijau dapat menggantikan minuman bersoda, karena dari segi manfaat dan nilai gizi jauh berbeda. Sebaiknya jauhi minumn bersoda dan ganti dengan teh hijau yang kaya manfaat. 

H. Air Putih Dehidrasi dapat berkontribusi pada beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung koroner, termasuk darah kental. Ketika dehidrasi, darah akan menjadi lebih kental. Kondisi ini membuat liver mengeluarkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan, dehidrasi kronis dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi). Banyak ahli merekomendasikan setidaknya dalam sehari seseorang harus minum 8-10 gelas air (untuk dewasa). Tetapi rekomendasi jumlah yang harus diminum tidak bisa berlaku pada setiap orang dan setiap kondisi. Jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi. Penambahan jus atau air perasan lemon ke dalam air hangat dapat menambah cita rasa sekaligus memperoleh manfaat peluruhan dan antioksidan. 

 OKE guys, dari semua uraian di atas tadi, dapat diketahui bahwa menjaga kesehatan jantung menjadi keharusan dan kewajiban untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit jantung. Tindakan preventif atau pencegahan merupakan hal paling utama untuk menghindari berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah. Perilaku hidup sehat adalah faktor utama yang bisa mencegah penyaki jantung. Penyuluhan kepada keluarga maupun masyarakat tentang bahaya penyakit jantung dan cara pencegahan dan menghindari sebab-sebab yang dapat mengakibatkan penyakit jantung diperlukan, agar tidak banyak masyarakat yang terserang penyakit jantung dan pembuluh darah, serta pada akhirnya dapat mengurangi angka tingkat kematian akibat serangan jantung di Indonesia. Jika ada yang terkena penyakit jantung sebaiknya dilakukan pengobatan berkala dan menghindari faktor-faktor yang meningkatkan resiko penyakit tersebut. Sehingga diharapkan penyakit yang sama atau yang lebih parah tidak akan terjadi. 

Dengan mengetahui cara-cara pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah diharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan menerapkan pola hidup yang lebih sehat, rutin berolahraga serta mengkonsumsi zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

 Sekian sekilas informasi tentang cara menjaga kesehatan jantung, semoga bermanfaat ya guys ^^ 

DAFTAR PUSTAKA 
Anonim, 2012. /cara-menjaga-kesehatan-jantung.html.www,google.co.id, diambil tanggal 20 Oktober 2012, Yogyakarta. 
 Arief, Irfan, 2012. /National CardiovascularCenter Harapan Kita - Tips Menjaga Kesehatan Jantung.htm.www.google.co.id, diambil tanggal 20 Oktober 2012, Yogyakarta. 
 Kurniawan, Taufik, 2012./tips-sederhana-cara-menjaga-kesehatan.html.www.google.co.id, diambil tanggal 20 Oktober 2012, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar